Berkunjung Ke Taman Sari, Komplek Pemandian Keraton Yogyakarta

Berkunjung Ke Taman Sari
Taman Sari adalah situs tempat pemandian para raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang sekarang dijadikan tempat wisata kota Jogjakarta. Di dalam taman sari terdiri dari empat bagian yaitu:

1.Segaran (laut buatan)
Berupa kolam besar yang difungsikan sebagai tempat bersampan Sultan dan keluarga kerajaan. Tetapi sekarang danau buatan tersebut tidak lagi menjadi danau buatan, melainkan telah menjadi pemukiman yang dikenal dengan kampung Taman.

2.Bagian kedua adalah Gedhong Gapura Hageng
Gedhong gapura Hageng adalah pintu gerbang utama taman raja-raja pada zamannya. Gerbang ini terletak di bagian paling barat dari Taman sari, yang didalamnya terdapat:

-Umbul Pasiraman
Umbul prasiraman adalah kolam untuk pemandian sultan,permaisuri,para istri,dan juga para putri raja.

-Gedhong Sekawan
Gedhong sekawan adalah tempat yang digunakan untuk tempat istirahat sultan dan keluarganya.

-Gedhong Gapuro Panggung
Bangunan ini memiliki empat buah jenjang,dua sisi barat dan dua lagi di sisi timur,Gedhong Gapuro Panggung ini melambangkan tahun dibangunnya Taman Sari yaitu 1684 Tahun Jawa atau 1758Masehi.

-Gedhong Temanten
Bangunan ini dulu digunakan untuk tempat penjaga keamanan bertugas dan tempat istirahat.

3.Bagian ke tiga adalah Pasarean nDalem Ledok Sari.
Didalam bangunannya terdapat tempat meditasi Sultan.

4.Bagian keempat
Bagian yang terahir ini merupakan bagian Taman Sari yang tidak tersisa lagi, kecuali bekas jembatan gantung. Bagian ini terdiri dari sebuah danau buatan beserta bangunan di tengahnya, taman di sekitar danau buatan, kanal besar yang menghubungkan danau buatan ini dengan danau buatan di bagian pertama, serta sebuah kebun. Danau buatan terletak di sebelah tenggara kompleks Magangan sampai timur laut Siti Hinggil Kidul. Di tengahnya terdapat pulau buatan yang disebut "Pulo Kinupeng". Di atas pulau tersebut berdiri sebuah bangunan lagi yang disebut dengan "Gedhong Gading".

Tiket Masuk Taman Sari
Tiket masuk Taman Sari ini terbilang murah yaitu Rp.5.000.- dan dikenai tambahan sebesar Rp.3.000.- untuk izin foto. Dengan tarif tersebut, berbagai pengetahuan sejarah Taman Sari bisa kita dapatkan.


Berkunjung Ke Taman Sari, Komplek Pemandian Keraton Yogyakarta