Beda Coloring Pyrography dan Original Pyrography di Sanggar Java Harmony

Pirografi original hanyalah sebuah istilah yang saya buat sendiri untuk membedakan dengan lukisan pirografi yang diwarnai. Para seniman pirografi di Eropa dan Amerika menggunakan istilah black-white pyrography untuk membedakannya dengan Pyrography plus coloring. Namun karena saya orang Indonesia yang kurang suka istilah yang terlalu panjang (black-white pyrography) saya bikin istilah sendiri saja: pirografi original.
Pirografi original bukannya tanpa penambahan warna sama sekali. Sama seperti seniman pirografi barat dan eropa, saya juga menambahkan (hanya) satu warna yaitu warna putih. Karena untuk lukisan pirografi di bagian tertentu memerlukan sentuhan warna putih agar lebih indah. Misal penambahan warna putih untuk bagian bola mata, gigi dan sebagainya.


Pada dasarnya seni lukis pirografi hanya berupa warna-warna hasil pembakaran permukaan papan kayu. Namun seiring permintaan para pemesan, kami pun mewarnai sedikit di bagian-bagian tertentu pada lukisan pirografi kami.

Ada yang menginginkan pewarnaan di bagian dekoratifnya, sedang wajah tidak diwarnai. Namun ada pula yang sebaliknya, bagian wajah diwarnai sedang bagian latar belakang tetap pirografi dengan warna natural.

Ada juga yang menginginkan full color pyrography, baik bagian wajah maupun hiasan dekoratifnya. Semua bergantung pada selera dan keinginan pemesan.


Dalam pewarnaan kami menggunakan pencil warna faber castell. Warna tetap awet karena kami menggunakan 'clear' sampai 3-5 kali semprotan/lapisan agar lukisan awet dan tidak luntur serta berjamur.

Masih banyak contoh pesanan yang telah kami buat dan bisa Anda lihat di blog ini.

Posting Komentar

0 Komentar