Kaos reuni SD Lempuyangwangi-Jogja

Berawal dari Budhe Widhi dan teman-temannya yang ingin mengadakan reuni bersama teman-teman SD-nya dulu. Mereka sepakat untuk membuat kaos seragam dengan 'budget' yang tidak memberatkan iuran peserta reuni. Projek pembuatan kaos sebanyak 45 potong pun ditawarkan ke kami. Semula kami ragu apakah bisa mengerjakan pesanan tersebut mengingat waktunya yang mepet dan anggaran yang minim.

Kaos reuni SD Lempuyangwangi-Jogja_1

Kami pun mulai berkeliling di beberapa toko kaos di Jogja yang menyediakan kaos polos bentuk jadi. Namun apa daya, harga kaos polos model Reglan berkisar antara 47K-49K. Itupun harus pesan dulu dan baru 2 minggu pesanan kaos polos bisa diambil (belum lagi waktu yang diperlukan untuk proses sablonnya). Sedangkan anggaran dipatok mulai 55K/pcs untuk ukuran M. Jadi hanya ada sisa bajet 55K-49K=6K. Kami bingung, apakah ada usaha sablon yang mau menerima pesanan 6 Ribu/ kaos untuk sablon 3 warna? Dan waktunya mepet? Sedangkan dulu kami pernah memesan sablon (di sebuah tempat usaha sablon) untuk tas dengan desain tulisan satu warna dan kami kena biaya 12K-15K  per-pieces-nya.

Akhirnya kami nekad!!..Memberanikan diri untuk membuat kaos sendiri. Mulai beli bahan kaos jenis Cotton Combed 30s total sebanyak 10 Kilogram (1 kilo harganya 117K untuk warna biru donker). Satu kilo-nya bisa jadi 4 sampai 5 kaos model reglan (tergantung ukuran dan teknik memotongnya). Kami juga membeli bahan dan alat-alat sablon, serta membuat meja sablon sendiri. 

Kaos reuni SD Lempuyangwangi-Jogja_2

Meskipun dari memotong pola, menjahit sampai menyablon semua kami kerjakan sendiri. Prosesnya memakan waktu hampir 2 minggu dan selesai tepat waktu. Uniknya, kami belum pernah punya pengalaman membuat kaos. Juga belum pernah bersentuhan dengan peralatan sablon maupun teknik menyablon. Semua itu kami pelajari melalui Youtube. Jadi belajar sambil praktek dan....dapet duit 😅